Friday, May 18, 2012

Renungan Ibadah Bulan Sya'ban


Renungan Ibadah Bulan Sya'ban
Renungan Ibadah Bulan Sya'ban
Dari Aisyah r.a. beliau berkata:”Rasulullah s.a.w. berpuasa hingga kita mengatakan tidak pernah tidak puasa, dan beliau berbuka (tidak puasa) hingga kita mengatakan tidak puasa, tapi aku tidak pernah melihat beliau menyempurnakan puasa satu bulan penuh kecuali bulan Ramadhan dan aku tidak pernah melihat beliau memperbanyak puasa selain bulan Ramadhan kecuali pada bulan Sya’ban”. (h.r. Bukhari). Beliau juga bersabda:”Kerjakanlah ibadah apa yang engkau mampu, sesungguhnya Allah tidak pernah bosan hingga kalian bosan”.


Usamah bin Zaid bertanya kepada Rasulullah s.a.w.:’Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu memperbanyak berpuasa (selain Ramadhan) kecuali pada bulan Sya’ban? Rasulullah s.a.w. menjawab:”Itu bulan dimana manusia banyak melupakannya antara Rajab dan Ramadhan, di bulan itu perbuatan dan amal baik diangkat ke Tuhan semesta alam, maka aku ingin ketika amalku diangkat, aku dalam keadaan puasa”. (h.r. Abu Dawud dan Nasa’i).

Dari Hadist di atas, Marilah sejenak kita renungkan apa yang seharusnya kita lakukan di bulan Sya'ban ini jika kita benar benar adalah sebagai umat nabi Muhammad SAW,

Adakah kita di antar orang orang yang beramal di bulan sya'ban?
Sudahkah kita mengerjakan semua amalan untuk bulan Sya'ban?
Sudahkah kita benar benar beribadah kepada Allah Di bulan sya'ban?
Sudahkah kita Mengerjakan puasa sunah pada bulan Sya'ban?
Apakah kita mengerjakan semua yang sudah di ajarkan oleh nabi di bulan Sya'ban?
Atau bahkan kita tidak penah penah ingat dengan bulan Sya'ban ini?


Ini hanya sebuah tulisan sederhana tentang sebuah bulan mulia yakni bulan sya'ban, tulisan ini bahkan tak akan pernah bisa menguraikan betapa mulianya bulan sya'ban yang di anugrahkan pada manusia di bumi, Dan sungguh dalam tulisan ini kami barharap, agar kita sejenak merenungkan hakikat kita sebagai hamba, karena ini adalah bulan sya'ban, jika anda bertanya kenapa bulan sya'ban? maka jawabanya adalah karena ini adalah anugrah yang berupa sebuah kesempatan, sebuah kesempatan untuk memperbaiki diri, untuk menemukan jalan untuk kembali yang sebenarnya. Bulan sya'ban adalah sebuah pintu menuju bulan ramadhan yang suci yang penuh dengan barokah dan ampunan.

Marilah kita jadikan Bulan Sya'ban ini sebagai momentum untuk kembali kefitrah kita sebagai manusia, yang taat akan perintah Tuhan, yang berbakti pada orang tua, dan yang sayang terhadap semua yang ada. Renungkanlah wahai kawan, sebelum kain kesempatan benar benar tak ada lagi, sebelum pintu taubat benar benar tertutup, atau bahkan kain kafan telah menjadi selimut kita yang terakhir.

Sungguh renungkanlah wahai kawan tentang sebuah kesempatan yang berupa Bulan Sya'ban ini.

Terimakasih telah bersedia merenungkan, ajaklah lingkungan anda untuk ikut merenungkan tentang anugrah bulan sya'ban ini, anda bisa menyampaikan melalui sebuah contoh pidato atau pun melalui sebuah ceramah yang bisa anda sampaikan di majlis ta'lim ataupun di lingkungan pendidikan, carilah waktu yang tepat, dan dengan bahasa yang tepat sebuah pidato ataupun ceramah akan maksimal.
Sebagai bantuan, anda bisa menyimak Contoh pidato yang ada pada kami,:

Renungan Ibadah Bulan Sya'ban
Dari berbagai sumbar tentang amalan ibadah di bulan Sya'ban


Terkait

Description: Renungan Ibadah Bulan Sya'ban Rating: 4.5 Reviewer: Qvaa khan ItemReviewed: Renungan Ibadah Bulan Sya'ban
Al
Mbah Qopet Updated at: 5:11 PM

0 komentar:

Post a Comment