Saturday, May 11, 2013

BULAN RAJAB, PUASA BULAN RAJAB DAN KEISTIMEWAAN RAJAB




Sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh berbagai hadist, bahwa sanya bulan rajab itu merupaka salah satu bulan yang sangat di muliakan dalam ajaran agama islam. Ada berbagai ibadah yang bisa dikerjakan untuk menggapai berbagai keutamaan dan kemuliaan bulan rajab, dan salah satunya adalah puasa di bulan rajab. Dan mengenai keistimewaan juga keutamaan bulan rajab, berikut di paparkan lebih jelas sebagimana di bawah ini yang menjelaskan kentang keistimewaan dan keutamaan bulan rajab yang kami susun dari berbagai sumber.

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan Asyhurul Hurum, sebuah bulan yang dimuliakan selain Dzulqa'dah, Dzulhijjah dan Muharram.
Puasa dalam bulan Rajab sebagaimana bulan mulia lain, hukumnya adalah sunnah.
Diriwayatkan dari mujibah al-Bahiliyah, Rasulullah SAW bersabda,
"Puasalah pada bulan-bulan haram (mulia)."
(HR. Abu Dawud, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Banyak sekali keistimewaan yang diperoleh apabila kita mau menunaikan puasa Rajab, Salah Satunya adalah sebagai berikut:

Rasulullah SAW bersabda,
"Barang siapa berpuasa pada bulan Rajab sehari maka laksana ia puasa selama sebulan, bila puasa 7 hari maka ditutuplah untuknya 7 pintu neraka jahanam. Bila puasa 8 hari maka dibukakan untuknya 8 pintu surga. Dan bila puasa 10 hari maka Allah akan mengabulkan semua permintaannya."

HR. At-Thabrani

Rasulullah SAW bersabda,
"Barang siapa puasa pada tanggal 27 Rajab, Allah mencatatnya sebagaimana orang yang puasa selama 60 bulan."

Abu Hurairah.




Rasanya manis melebihi madu.

Rasulullah SAW bersabda,
"Sesungguhnya di surga terdapat sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasanya lebih manis dari madu. Barang siapa puasa sehari pada bulan Rajab, maka ia akan dikarunia minum dari sungai tersebut."

Mengenai keistimewaan dan keutamaan bulan rajab ini sangat baik ketika bisa disampaikan kepada masyarakat luas melalui contoh pidato maupun ceramah agama entah itu melalui media elektronik maupun ketika mengisi pengajian pengajian keagamaan.

Selamat menunaikan puasa bulan rajab, semoga amal ibadahnya bisa diterima di sisi ALLAH S W T.
Amiin.

Terkait

Description: BULAN RAJAB, PUASA BULAN RAJAB DAN KEISTIMEWAAN RAJAB Rating: 4.5 Reviewer: Qvaa khan ItemReviewed: BULAN RAJAB, PUASA BULAN RAJAB DAN KEISTIMEWAAN RAJAB
Al
Mbah Qopet Updated at: 12:00 AM

0 komentar:

Post a Comment