Thursday, April 26, 2012

Keutamaan Sholat Berjamaah


Keutamaan Sholat Berjamaah

Pengertian Sholat Berjamaah

Sholat berjamaah adalah sholat yang dikerjakan bersama oleh minimal 2 orang yang dipimpin oleh seorang imam sholat sedangkan yang lainya menjadi makmum sholat. Sedangkan sholat sendiri merupakan ibadah yang sangat di anjurkan untuk di kerjakan secara berjamaah.  Jika anda bertanya kenapa kita sangat di anjurkan untuk mengerjakan sholat berjamaah?? Dan menurut kami adalah karena sholat berjamaah mempunyai banyak sekali keutamaan, dan keutamaan dari sholat berjamaah yang akan kita pelajari bersama.


Keutamaan Sholat berjamaah

Berikut tentang beberapa Keutamaan dari sholat berjamaah:

1) Keutamaan sholat berjamaah adalah Menggugugurkan dosa & meninggikan derajat

Rasululloh bersabda:

مَنْ رَاحَ إِلَى مَسْجِدِ الْجَمَاعَةِ فَخَطْوَةٌ تَمْحُو سَيِّئَةً وَخَطْوَةٌ تُكْتَبُ لَهُ حَسَنَةٌ ذَاهِبًاوَرَاجِعًا

Barangsiapa berangkat ke masjid, maka satu langkah menghapus satu keburukan, dan satu langkah ditulis satu kebaikan, di saat pergi dan pulang.
(HR. Ahmad, no: 6599, 10/103, dari Abdulloh bin Amr bin Al-Ash, dishohihkan syaikh Ahmad Syakir)

2) Keutamaan dari sholat berjamaah Meraih seperti pahala haji.

Rasululloh bersabda:

مَنْ خَرَجَ مِنْ بَيْتِهِ مُتَطَهِّرًا إِلَى صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْحَاجِّ الْمُحْرِمِ وَمَنْ خَرَجَ إِلَى تَسْبِيحِ الضُّحَى لَا يَنْصِبُهُ إِلَّا إِيَّاهُ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْمُعْتَمِرِ وَصَلَاةٌ عَلَى أَثَرِ صَلَاةٍ لَا لَغْوَ بَيْنَهُمَا كِتَابٌ فِي عِلِّيِّينَ

Barangsiapa keluar dari rumahnya dalam keadaan bersuci menuju sholat wajib, maka pahalanya seperti pahala orang yang berhaji berihrim. Barangsiapa keluar untuk sholat sunnah dhuha, dia tidak berdiri kecuali karena itu, maka pahalanya seperti pahala orang yang berumroh. Dan (melakukan) sholat setelah sholat lainnya, tidak melakukan perkara sia-sia antara keduanya, ditulis di kitab ‘illiyyin. (HR. Ahmad; Abu Dawud; dari Abu Umamah, dishohihkan Al-Albani)

3) Keutamaan dari sholat berjamaah adalah Jaminan khusnul khotimah atau pahala besar

Rasululloh bersabda:

ثَلَاثَةٌ كُلُّهُمْ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ رَجُلٌ خَرَجَ غَازِيًا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَهُوَ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ حَتَّى يَتَوَفَّاهُ فَيُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ أَوْ يَرُدَّهُ بِمَا نَالَ مِنْ أَجْرٍ وَغَنِيمَةٍ وَرَجُلٌ رَاحَ إِلَى الْمَسْجِدِ فَهُوَ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ حَتَّى يَتَوَفَّاهُ فَيُدْخِلَهُ الْجَنَّةَ أَوْ يَرُدَّهُ بِمَا نَالَ مِنْ أَجْرٍ وَغَنِيمَةٍ وَرَجُلٌ دَخَلَ بَيْتَهُ بِسَلَامٍ فَهُوَ ضَامِنٌ عَلَى اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Tiga orang dijamin oleh Alloh ‘Azza wa Jalla:
Seseorang yang keluar berperang fii sabilillah, maka dia dijamin oleh Alloh sehingga Alloh akan mematikannya, lalu memasukkan ke dalam sorga, atau Alloh akan memulangkannya dengan meraih pahala dan ghonimah.
Seseorang yang berangkat ke masjid, maka dia dijamin oleh Alloh sehingga Alloh akan mematikannya, lalu memasukkan ke dalam sorga, atau Alloh akan memulangkannya dengan meraih pahala dan ghonimah.
Seseorang yang masuk rumahnya dengan mengucapkan salam, maka dia dijamin oleh Alloh.
(HR. Abu Dawud, dari Abu Umamah, dishohihkan syaikh Al-Albani di dalam Shohih Abi Dawud 2/273)

4) Keutamaan sholat berjamaah adalah Setiap pergi ke masjid disiapkan tempatnya di sorga
Rasululloh bersabda:

مَنْ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ وَرَاحَ أَعَدَّ اللَّهُ لَهُ نُزُلَهُ مِنْ الْجَنَّةِ كُلَّمَا غَدَا أَوْ رَاحَ

Barangsiapa pergi di waktu pagi ke masjid, dan pergi di waktu sore, Alloh menyiapkan baginya tempat tinggalnya di sorga setiap dia pergi di waktu pagi dan di waktu sore.
(HR. Bukhori, no: 662, dari Abu Huroiroh)

5) Keutamaan yang sangat besar dari sholat berjamaah! Jika orang tahu, dia akan datang walaupun merangkak!!

Rasululloh bersabda:

قَالَ لَوْ يَعْلَمُ النَّاسُ مَا فِي النِّدَاءِ وَالصَّفِّ الْأَوَّلِ ثُمَّ لَمْ يَجِدُوا إِلَّا أَنْ يَسْتَهِمُوا عَلَيْهِ لَاسْتَهَمُوا وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي التَّهْجِيرِ لَاسْتَبَقُوا إِلَيْهِ وَلَوْ يَعْلَمُونَ مَا فِي الْعَتَمَةِ وَالصُّبْحِ لَأَتَوْهُمَا وَلَوْ حَبْوًا

Seandainya manusia mengetahui (keutamaan) yang ada pada adzan dan shof awal, lalu mereka tidak akan mendapatkannya kecuali mereka melakukan undian padanya, pastilah mereka melakukan undian. Dan  seandainya mereka mengetahui (keutamaan) bersegera (ke masjid), sungguh mereka pasti berlomba padanya. Dan  seandainya mereka mengetahui (keutamaan) yang ada pada (sholat) ‘atamah (isya’) dan subuh, sungguh mereka pasti mendatangai keduanya, walaupun merangkak. (HR. Bukhori, no: 615, dari Abu Huroiroh)

Demikian hanya beberapa dari sekian banyak keutamaan dari mengerjakan sholat berjamaah, melalui postingan ini Marilah kita tingkatkan kualitas iman dan taqwa kita, salah satunya dengan mengerjakan sholat berjamaah, diawali dengan sholat taubat, dan berakhir dengan sedekah menyantuni orang yang tidak mampu, semoga dari keutamaan sholat berjamah ini, kita tergolong orangyang di ampuni dosanya oleh Allah SWT amiin.

Keutamaan Sholat Berjamaah

Catatan harian anak jalanan: Kembalikan senyumku,,Kronologi Proses Datangnya Hari Kiamat 
Tanda Tanda Semakin Dekatnya Hari Kiamat 
Imam Mahdi: Sejarah Dan Kisah Imam mahdi
Cara Sholat Dhuha Doa Sholat Dhuha serta Keutamaan Sholat Dhuha





Terkait

Description: Keutamaan Sholat Berjamaah Rating: 4.5 Reviewer: Qvaa khan ItemReviewed: Keutamaan Sholat Berjamaah
Al
Mbah Qopet Updated at: 2:54 PM

0 komentar:

Post a Comment