Saturday, December 6, 2014

SHOLAT BIRRIL WALIDAIN dan SHALAT ANISIL QOBRI

Baca Juga

SHOLAT BIRRIL WALIDAIN dan SHALAT ANISIL QOBRI

Dengan mengharap ridho Allah SWT dan Syafaat kanjeng Nabi Muhammad SAW di hari penghitungan kelak. Sedikit tulisan untuk mengenang Ibu tercinta, Ibu Toyibah Binti Salwan. Semoga kemuliaan senantiasa bersama beliau, diampuni semua dosanya dan diterima semua Ibadahnya.

Segala puji bagi ALLAH SWT serta sholawat dan salam kita haturkan pada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang senantiasa kita nantikan syafaatnya dihari kiamat kelak.
Tulisan ini dikutib dari berbagai sumber, semoga tulisan tentang SHOLAT BIRRIL WALIDAIN dan SHALAT ANISIL QOBRI membantu Para pelopor semua yang mencoba untuk mengerjakannya, sebagai perwujudan bahwa kita menyayangi dan mencitai mereka yang sudah terlebih dahulu meninggalkan kita.   


SHOLAT BIRRIL WALIDAIN

Sholat Birril Walidain dikerjakan pada malam kamis sesudah sholat maghrib sebanyak 2 rekaat, Dengan niat :
اصلى سنة لبر الوالدين ركعتين لله تعالى 

setelah membaca fatehah kemuidan membaca Ayat kursi 5 X, Surat Al falaq 5 X, dan Surat An Nas 5 X. Dan sesudah salam membaca Do’a :

اللهم انك تعلم سرى وعلانيتى وانى قد صليت هذه الصلاة وتعلم نيتى وقصدي بها فتقبلها. واجعل ثوابها نافعا لوالدى . اللهم كما امرتنا بشكر الوالدين والاحسان اليهما واصطناع المعروف لديهما ووصيتنا بالترحم عليهما كما ربونا صغارا. ( فارحم اللهم والدينا.. × ٣ ) . واغفر لهما مغفرة جامعة تمحو بها سالف اوزارهما وسيئ اصرارهما وارحمهما رحمة تنير لهما بها المضجع فى قبورهما وتؤمنهما بها يوم الفزع عند نشورهما برحمتك ياأرحم الراحمين. الفاتحة

Shalat Birril Walidain merupakan hadiah untuk Ibu dan Ayah. Penghargaan dan cinta kepada orang tua bisa diungkapkan dalam sebuah bingkisan yang sakral, yaitu Shalat Birril Walidain. Shalat sunnah ini terdiri dari dua rakaat. Pada rakaat pertama dianjurkan membaca al-Fatihah dan istighfar 10 kali.

رب اغفر لى و لوالدى و للمؤمنين يوم يقوم الحساب
Rabi-ghfir lî wa li-wâlidayya wa lil-mu’minîn yauma yaqûmul-hisâb

(Wahai Pengasuhku, ampunilah aku, kedua orangtuaku dan orang-orang mukmin pada hari perhitungan berlaku)

SHALAT ANISIL QOBRI

Yang paling menakutkan bagi seorang mayit adalah ketika malam pertama di alam kubur, maka alangkah lebih baik jika kita memberikan sedekah kepada orang yang beru meninggal dunia pada malam pertamanya di alam kubur dengan mengerjakan sholat Anisil Qobri. Sholat ini dikerjakan 2 rekaat yang dilaksanakan setelah mengerjakan Sholat Maghrib. Sebagaimana Hadist Nabi :

روي عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال لا يأتى على الميت أشد من الليلة الأولى, فارحموا بالصدقة من يموت. فمن لم يجد فليصل ركعتين يقرأ فيهما: أي في كل ركعة منهما فاتحة الكتاب مرة, وآية الكرسى مرة, وألهاكم التكاثر مرة, وقل هو الله أحد عشر مرات, ويقول بعد السلام: اللهم إني صليت هذه الصلاة وتعلم ما أريد, اللهم ابعث ثوابها إلى قبر فلان بن فلان فيبعث الله من ساعته إلى قبره ألف ملك مع كل ملك نور وهدية يؤنسونه إلى يوم ينفخ فى الصور.

Diriwayatkan dari Rasulullah, Ia bersabda, “Tiada beban siksa yang lebih keras dari malam pertama kematiannya. Karenanya, kasihanilah mayit itu dengan bersedekah. Siapa yang tidak mampu bersedekah, maka hendaklah sembahyang dua raka‘at. Di setiap raka‘at, ia membaca surat Alfatihah 1 kali, Ayat Kursi 1 kali, surat Attaktsur 1 kali, dan surat Al-ikhlash 11 kali. Setelah salam, ia berdoa, ‘Allahumma inni shallaitu hadzihis shalata wa ta‘lamu ma urid. Allahummab ‘ats tsawabaha ila qabri fulan ibni fulan (sebut nama mayit yang kita maksud),’ Tuhanku, aku telah lakukan sembahyang/Sholat ini. Kau pun mengerti maksudku. Tuhanku, sampaikanlah pahala Sholat/sembahyangku ini ke kubur (sebut nama mayit yang dimaksud), niscaya Allah sejak saat itu mengirim 1000 malaikat. Tiap malaikat membawakan cahaya dan hadiah yang kan menghibur mayit sampai hari Kiamat tiba.” [Syekh Nawawi Albantani, Nihayatuz Zain, (Bandung, Almaarif) Hal. 107].


Tata Cara shalat:

Niat sholat Anisil Qobri :
اصلى سنة لأنس القبر ركعتين لله تعالى

“ Saya niat shalat anisil Qobri karena Allah ta’ala” 

sholat Anisil Qobri adalah Shalat dua rekaat shalat seperti shalat biasa pada umunya akan tetapi setelah baca fatikhah membaca :

1. Ayat Qursi 1x
2. Al hakumut takatsur 1x
3. Qulhuwallohu ahad 11x
4. Qul Falaq 1x
5. Qul Nas 1x
Kemudian setelah salam membaca do’a sholat Anisil Qobri sebagai berikut:
اللهم انى صليت هذه الصلاة وتعلم ما اريد. اللهم ابعث ثوابها الى روح........بن.......

Allahumma inni shallaitu hadzihis shalata wa ta‘lamu ma urid. Allahummab ‘ats tsawabaha ila qabri fulan ibni fulan (sebut nama mayit yang kita maksud),’ Tuhanku, aku telah lakukan sembahyang/Sholat ini. Kau pun mengerti maksudku. Tuhanku, sampaikanlah pahala Sholatku ini ke kuburnya.... Bin/Binti... (sebut nama mayit yang dimaksud),

Untuk sempurnanya Sholat Anisil Qobri, ditambah dengan do'a sebagai berikut :

 اللهم انه (ها) نزل بك وانت خير منزل بك به (ها)


lalu Do’a sholat Anisil Qobri: 
اللهم انى صليت هذه الصلاة وتعلم ما اريد اللهم ابعث ثوابها الى روح ........... / الى ارواح جميع امة هذا الرسول.

dan do'a sholat Anisil Qobri
:
اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ وَفِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَشَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ 

“Allahumma inni a’udzu bika min ‘adzabil qobri, wa ‘adzabin naar, wa fitnatil mahyaa wal mamaat, wa syarri fitnatil masihid dajjal" 

[Ya Allah, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari siksa kubur, siksa neraka, penyimpangan ketika hidup dan mati, dan kejelekan Al Masih Ad Dajjal].” (HR. Muslim).
SHOLAT BIRRIL WALIDAIN dan SHALAT ANISIL QOBRI
SHOLAT BIRRIL WALIDAIN dan SHALAT ANISIL QOBRI

semoga SHOLAT BIRRIL WALIDAIN dan SHALAT ANISIL QOBRI bisa bermanfaat untuk semuanya. Setidaknya dengan SHOLAT BIRRIL WALIDAIN dan SHALAT ANISIL QOBRI bisa menjadikan kita anak yang sholeh yang berbakti kepada kedua orang tua, dan yang kita lakukan bisa menjadi amal jariyah untuk orang tua kita. Amin Amin Amin...... :)
Love You Ma, as Always... :)
miss you.




4 comments:

  1. Mohon penjelasan utk orang tua yang telah meninggal lima tahun lalu, sholat anasil qobri masih bisa atau tidak

    ReplyDelete
  2. السلام عليكم ورحمة الله وبركاته
    Subhanallooh, seusai ini koq baru tahu ya kalau ada shalat BIRRUL WALIDAIN dan LIINSIL QOBRI.
    Mohon penjelasan bagi para ahli fiqh ttg shalat tsb terkait kadar kesunahannya, mengingat hadis yg di tulisan di atas tidak dicantumkan sanad dan rawinya.
    Matur nuwun

    ReplyDelete
  3. Terimakasih semoga jadi amal ibadah yang jariyah

    ReplyDelete